Sejarah | OS | Jaringan | Produk

Selasa, 24 Mei 2016

Sejarah Dan Perkembangan Internet


Internet merupakan singkatan dari Interconnected-Networking adalah Kumpulan jaringan komputer yang menghubungkan berbagai situs yang ada didunia. Internet memberikan layananan telekomunikasi dan sumber daya informasi kepada penggunanya yang ada di dunia.




Jaringan berkerja sesuai standar protokol yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengontrol lalu lintas jaringan. Protokol ini juga menangani kesalahan, lalu-lintas data dan standar komunikasi lainnya. Protokol standart yang digunakan internet merupakan protokol TCP/IP (Transmision Control Protocol/Internet Protocol). Protocol ini mempunyai kemampuan bekerja pada semua jenis komputer tanpa di pengaruhi perbedaan hardware yang digunakan.

Sekilas Penjelasan Sejarah Internet

Sejarah Internet pertama kali di bentuk oleh Departemen pertahanan Amerika Serikat pada Tahun 1969, melalui proyek ARPA yang sebut ARPANET. Tujuannya dibangunnya proyek ini untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuat sistem jaringan komputer untuk menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi serangan nuklir dan menghindari terjadinya informasi terpusat. Jika terjadi perang agar dapat mudah di hancurkan.

Pada awalnya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs yaitu Stanford Researc Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu ditahun 1969, ARPANET dikenalkan pada tahun 1972. Beberapa saat kemudian ARPANET berkembang pesat sehingga banyak universitas dinegara tersebut ingin bergabung, sehingga ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Akhirnya ARPANET di pecah menjadi dua, yaitu MILNET dan ARPANET. MILNET digunakan untuk keperluan Militer dan ARPANET digunakan untuk keperluan Universitas-Universitas. Gabungan kedua jaringan tersebut menjadi DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Kejadian penting saat perang

Pada tahun 1957, Uni Soviet atau Rusia meluncurkan wahana luar angkasa, wahana tersebut adalah Sputnik.
Tahun 1958, Amerika Serikat meluncurkan wahana luar angkasa, dibentuklah sebuah badan di dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced Research Projects Agency (ARPA), dengan tujuan supaya Amerika tidak kalah saing dan mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu sasarannya adalah teknologi komputer.

Tahun 1962,  J.S.R Licklider menulis sebuah tulisan mengenai visi dimana komputer-komputer dapat saling dihubungkan antara satu dengan lainnya secara global, agar setiap komputer tersebut mampu menawarkan akses terhadap program dan juga data.

Tahun 1960 Teori packet-switching diimplementasikan dalam dunia nyata. Serta ARPA mengembangkan ARPANET untuk mempromosikan "Cooperative Networking of Time-Sharing Computers", dengan empat buah host komputer yang dapat dihubungkan hingga tahun 1969, yakni Stanford Researc Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah.

Tahun 1965 "Hypertex" dikeluarkan oleh Ted Nelson. Pada Tahun 1968, pembuatan jaringan Tymnet. Dan tahun 1972, ada sebuah kelompok kerja yang disebut International Network Working Group (INWG) untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar untuk jaringan komputer, termasuk diantaranya Internet. Pembicara pertama organisasi ini adalah Vint cerf, yang di kenal sebagai "Bapak Internet".

Tahun 1974, Vint Cerf dan Bob Khan mempublikasikan spersifikasi detail protokol TCP (Transmision Control Protocol) dalam sebuah artikel "A Protocol for Packet Network Interconnection".

Tahun 1974, Bolt, Beranet dan Newman, pontraktor untuk ARPANET, membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut sebagai telenet, merupakan layanan paket data publik pertama.

Tahun 1978, Protokol TCP di pecah menjadi dua bagian, yaitu Transmission Control Protocol dan Internet Protocol.

Awal tahun 1980-an Layanan BITNET (Because It's Time Network ) di mulai, dengan menyediakan layanan e-mail, mailing list, dan File Transfer Protokol.
Tahun 1982 Istilah "Internet" pertama digunakan, dan TCP/IP sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut.
Name Server mulai dikembangkan, agar pengguna dapat terhubung kepada sebuah host tanpa mengetahui jalur menuju host tersebut.

Kejadian lainnya 

Tahun 1972, Ray Tomlison berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail tersebut langsung populer karna kemudahan dalam penggunaannya. Tahun 1973 jaringan ARPANET mulai dikembangkan ke luar amerika. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang berada di luar negara Amerika yang menjadi anggota jaringan ARPANET. Pada tanggal 26 Maret 1976, Ratu Inggris berhasil e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malven. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET. ARPANET membuat sebuah jaringan atau network. kemudian pada tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroup yang bernama USENET. Komputer yang membentuk jaringan semangkin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. pada tahun 1982 dibentuk Protokol TCP/IP. Sedangkan di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.

Pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, atau biasa dikenal dengan nama DNS (Domain Name System). Pada tahun 1987 jumlah komputer yang terhubung ke jaringan menjadi 10.000 sampai pada tahun 1989 jumlah komputer yang terhubung ke jaringan mencapai 100.000 komputer. Tahun 1990 Tim Berners Lee menemukan program program editor dan browser yang bisa menjajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, program inilah yang disebut www (Word Wide Web).

Tahun 1992, Komputer yang saling terhubung sudah mencapai sejuta komputer dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Pada tahun 1994, situs internet mencapai 3000 alamat halaman, dan pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Yahoo! juga didirikan pada tahun 1992, serta kehadiran Netscape Navigator.

Demikian penjelasan sejarah singkat internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar