Sejarah | OS | Jaringan | Produk

Selasa, 24 Mei 2016

Pengertian dan Macam-macam Sistem Operasi

Sistem Operasi adalah perangkat lunak/software utama yang digunakan untuk memanajement dan mengontrol perangkat keras, sistem operasi juga bertugas untuk menjalankan program-program pengolah data, seperti Microsoft Oficce, Pemutar musik dan lainnya untuk mempermudah kegiatan manusia.


Pengertian Sistem menurut Wiki.
Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system ; OS) adalah komponen pengolah piranti lunak dasar (essential component) tersistem sebagai pengelola sumber daya perangkat keras komputer (hardware), dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak.

Fungsi Sistem Operasi

Fungsi utama Sistem Operasi adalah sebagai penghubung antara software dengan hardware, dan menjamin supaya aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan dengan lancar, mengatur pengunaan memori, melakukan Input/Output.

Macam-Macam Sistem Operasi

Windows 
Windows merupakan sistem operasi dengan pemakai terbanyak di dunia, Windows adalah sistem operasi buatan perusahaan Amerika serikat bernama Microsoft Corporation. Sistem Operasi ini dinamakan DOS karena sistem operasi ini dijalankan menggunakan Disk.

Linux
Linux merupakan sistem operasi opensource, siapa saja boleh mengunakan serta memodifikasinya.Linux juga merupakan sistem operasi yang paling aman terhadap serangan virus. Dan Linux bisa disebut juga sistem operasi yang paling banyak memiliki keturunan seperti : Debian, Redhat, SuSe, Ubuntu, BackTrack, Mint, dan banyak lagi.

Unix
Unix merupakan sistem operasi paling pertama dan merupakan indux dari sistem operasi linux. Jadi, Unix juga sistem operasi opensource.


Macintosh
Macintosh merupakan sistem operasi berbayar yang dibuat khusus Aplle komputer, dan tidak dapat di install di komputer biasa. 

Freebsd
Freebsd merupakan Sistem operasi opensource turunan dari Unix yang dibuat oleh University Berkeley.

Itulah beberapa macam-macam sistem operasi yang terkenal pada saat ini. Sebenarnya masih banyak lagi jenis Sistem Operasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar