Sejarah | OS | Jaringan | Produk

Senin, 23 Mei 2016

Sejarah Komputer

Komputer merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengolah data sesuai perintah yang telah di rumuskan. Pada mulanya komputer digunakan untuk perhitungan aritmatika, dari perhitungan yang mudah sampai perhitungan yang sangat sulit.Pada awalnya seluruh alat bantu hitung digunakan secara manual dengan tenaga manusia pada tahun 1000 SM - 1641. Pada tahun 1642 - 1885, alat bantu hitung berkembang menggunakan tenaga penggerak mekanik menggunakan roda bergigi yang digerakkan mengunakan tangan. Pada tahun 1886 - 1945, ditemukan alat bantu hitung mesin mekanik menggunakan tenaga listrik. kemudian berkembang lagi menggunakan sirkuit elekronik pada tahun 1946 - sekarang.
Komputer terdiri dari beberapa komponen diantaranya : Layar monitor, CPU (Control Protokol Unit), keyboard,Mouse.
Hingga saat ini komputer semangkin canggih, bukan untuk perhitungan saja tapi digunakan untuk mengerjakan tugas, untuk usaha dan banyak lagi.


Dalam sejarah komputer ada 5 generasi. Berikut penjelasan ke 5 generasi tersebut.

Komputer Generasi 1

Komputer Generasi pertama hadir pada di tahun 1946 - 1956 contoh komputer saat itu adalah ENIAC (Elektronik Numerical Integrator and Computer ) yang dibuat berkat kerja sama Amerika dengan University of Pennsylvania. komputer tersebut menggunakan 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor dan memiliki 5jt titik solder.komputer tersebut memilik ukuran sangat besar dan membutuhkan daya 160 kW. ENIAC di rancang oleh John Presper Eckert bersama John W.Mauchly dan ENIAC merupakan komputer serba guna (general purpose computer).Tahun 1951, Remington Rand membuat UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) merupakan komputer komersial pertama yang di gunakan oleh Biro Sensus Amerika Serikat untuk menghitung sensus penduduk dan tujuan aplikasi bisnis.

Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat ukuran komputer sangat besar)dan silinder magnetik untuk menyimpan data.

Komputer Generasi 2

Komputer generasi kedua berawal dengan di temukannya transistor pada tahun 1948, transistor digunakan untuk mengantikan tube vakum. sehingga, ukuran komputer berkurang drastis. Pengunaan transistor pada tahun 1956, adapun penemuan lain berupa pengembangan memori inti-magnetik yang membantu ukuran komputer lebih kecil, lebih cepat, lebih diandalkan dan lebih hebat energi di banding komputer generasi pertama. komputer generasi kedua saat itu adalah IBM 1401. sejak tahun 1656, sebagian besar bisnis-bisnis besar menggunakan komputer ini.

Komputer Generasi 3

Pengunaan transistor berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. karena menghasilkan panas cukup besar. Untuk menghilangkan masalah ini digunakan batu Kuarsa. kemudian ilmuwan berhasil memasukkan kedalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. dan hasilnya ukuran komputer semangkin kecil karena komponen-komponen dipadatkan dalam chip. Kemajuan Selanjutnya penggunaan sistem operasi untuk menjalankan program yang berbeda tapi serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

Komputer Generasi 4

Pada komputer Generasi 4 ada namanya Large Scale Integrasion yang dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) yang memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Dan Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan menjadi Jutaan. kemampuan memasang banyaknya komponen mendorong turun harga dan ukuran komputer. Pada generasi ini sebagian besar komputer telah menggunakan sistem operasi dengan konsep GUI (Grapihical User Interface). Seperti sistem operasi Microsoft Windows buatan Microsoft Cord.

IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena memopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga memopulerkan penggunaan piranti Mouse.

Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.

Seiring bertambahnya kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, peranti lunak, informasi dan berkomunikasi. Jaringan komputer memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerja sama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Jika menggunakan perkabelan langsung disebut Local Area Network.

Komputer Generasi 5

pada Generasi ke 5 banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang semangkin memungkinkan pembuatan komputer Generasi ke 5. Kemajuan lainnya adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, dalam mempercepat informasi.
Di Jepang didirikan ICOT (Institut for new Computer Technology) untuk mengembangkan komputer generasi kelima.

Tokoh - Tokoh Perkembangan Komputer

-Charles Babbage
-Ada Augusta
-Herman Hollerith
-Thomas Watson
-Bob Noyce dan Gordon Moore
-Steven Jobs
-Steve Wozniak
-Bill Gates
-Paul Allen
-Richard Stallman
-Linus Torvalds


Tidak ada komentar:

Posting Komentar