Sejarah | OS | Jaringan | Produk

Sabtu, 28 Mei 2016

Pengertian Jaringan komputer secara singkat

Jaringan komputer adalah kumpulan dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung atau saling tukar menukar data dengan media transmisi berupa kabel ataupun nirkabel (wireless).



Tujuan dari jaringan komputer adalah agar informasi/data yang dikirim oleh pengirim(transmitter) dapat diterima oleh si penerima (receiver) dengan tepat dan akurat.

Jenis-jenis jaringan komputer

LAN

Local Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup wilayah kecil. seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, sekolah, rumah, dan jaringan kecil lainnya.Jangkauan jaringan LAN kurang dari 1 km.

MAN

Metropolitan Area Network merupakan jaringan yang mencakup wilayah dalam suatu perkotaan. seperti: menghubungkan antar kampus, pemerintahah, dll. Jaringan MAN merupakan jaringan gabungan dari suatu jaringan LAN. Jangkauan jaringan MAN berkisar antara  10 - 50 km.

WAN

Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup wilayah yang luas. seperti,jaringan antar kota dan bahkan antar negara. contoh : PT yang berada indonesia terhubung dengan cabang di luar negri.

WLAN

Wireless Local Area Network merupakan jaringan komputer yang menggunakan gelombang radio sebagia alat  media tramisi data.

Sekian penjelasan singkat tentang jaringan komputer dan jenis-jenisnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar